PKK Kabupaten Banyuasin Berperan Aktif Dalam Penekanan Gizi Buruk

PKK Kabupaten Banyuasin Berperan Aktif Dalam Penekanan Gizi Buruk

PKK Kabupaten Banyuasin Berperan Aktif Dalam Penekanan Gizi Buruk

by January 31, 2021 0 comments

Spotlight

Bupati Banyuasin Orang Pertama Yang Menerima Suntikan Vaksin Covid 19 Di Banyuasin

Seterio – Bupati Banyuasin, H. Askolani, SH., MH menerima suntikan

January 30, 2021

 

 

Pangkalan Balai – Pembukaan Edukasi webinar via zoom meeting Hari Gizi Nasional Tahun 2021 di gelar di Auditorium Pemerintah Kabupaten Banyuasin, Kamis (28/01/2021).

Edukasi Gizi merupakan hal penting bagi tumbuh kembang anak usia dini, oleh sebab itu, orangtua harus dicukupi dengan ilmu pemilihan pangan atau makanan yang memiliki nilai gizi yang baik untuk anak-anak.

Peranan Ibu yang sangat besar dalam menyajikan makanan yang tinggi akan gizi dan memberikan varian makanan yang memiliki asupan sangat baik untuk keluarga. Selain itu juga Ayah memiliki peran besar untuk membantu memilih menu bagi tumbuh kembang anak.

Peran PKK disini tentu sangat diperlukan sebagai mitra pemerintah dalam mengedukasi masyarakat terutama membidik peran ibu rumah tangga.

Terutama pada masa Pandemi Covid 19 ini. Masyarakat harus menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi makanan sehat yang kaya dengan gizi untuk kekebalan tubuh dari berbagai jenis virus tentunya.

Hal ini ditekankan oleh Ketua TP PKK Sumatera Selatan, Hj. Febrita Lustia Herman Deru mengenai pentingnya nilai gizi dan pemahaman Ibu atas pentingnya gizi bagi tumbuh kembang anak.

Istri orang nomor satu ini berkomitmen menekan nilai tinggi dari gizi buruk. Dengan melakukan sosialisasi zat gizi mikro (mikronutrien). Zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah sedikit, namun mempunyai peran yang sangat penting dalam pembentukan hormon, aktivitas enzim serta mengatur fungsi sistem imun dan sistem reproduksi.

“Saya sangat berharap kerjasama yang baik dari PKK Kabupaten/kota sampai Kecamatan dan Desa untuk bersama menurunkan angka stunting, gizi buruk di Sumatera Selatan,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Banyuasin, dr. Sri Fitriyanti Askolani menyatakan kesiapan beliau dalam mendukung program Gizi Nasional.

dr. Fitri mengungkapkan bahwa untuk peran PKK Kabupaten Banyuasin dalam menekan angka gizi buruk dan stunting telah dilakukan di seluruh Kecamatan di Kabupaten Banyuasin. Salah satunya dengan memberikan bantuan pemenuhan gizi bagi Ibu Hamil dan menyusui serta anak-anak yang berusia dini.

Bantuan ini berupa Susu, sereal bagi ibu Hamil dan menyusui serta peningkatan pelayanan Posyandu bagi balita di Kabupaten Banyuasin.

“Selain itu, PKK Kabupaten Banyuasin bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten melakukan beberapa inovasi berupa Gertas (Gerakan Tanam Sayur), Inovasi Gerbang Tobaru (Gerakan Pengembangan Tanaman Obat, Rempah dan Umbi-umbian), Ternak Unggas dan program lain yang mendukung agar pemenuhan gizi masyarakat dapat dipenuhi mulai dari perkarangan rumah,” paparnya.

“Pada dasarnya kami siap untuk pengentasan Gizi Buruk dan Stunting, tentu saja koordinasi terus kami lakukan dengan TP PKK Provinsi Sumatera Selatan,” tegasnya.

No Comments so far

Jump into a conversation

No Comments Yet!

You can be the one to start a conversation.

Your data will be safe!Your e-mail address will not be published. Also other data will not be shared with third person.